Kamis, 03 Oktober 2013

Penyakit Hati : AIDS

           AIDS adalah penyakit berbahaya yang hingga saat ini masih menyebar dan meneror manusia. Apalagi penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) merupakan penyakit mengerikan dan bahkan sangat berbahaya juga dapat mematikan. Untuk sembuh dari penyakit ini juga butuh perjuangan yang keras. Bukan saja obatnya yang (konon) masih belum ditemukan tapi juga dibutuhkan banyak terapi baik itu fisik maupun mental yang harus dijalani pengidap penyakit mematikan ini atau yang biasa disebut orang yang hidup dengan HIV/AIDS (ODHA).
          Penyakit AIDS ini harus kita hindari. Namun selain AIDS yang sudah dijelaskan di atas, ada lagi AIDS yang harus kita hindari karena penyakit AIDS yang ini juga merugikan. AIDS yang akan dibahas di sini adalah penyakit hati yang terdiri dari 4 hal. Yaitu Angkuh, Iri, Dengki, dan Serakah. Akan kita bahas di sini satu persatu tentang penyakit hati yang bernama AIDS ini.

Angkuh            

          Sifat suka memandang rendah kepada orang lain. Kita merasa bangga atau kagum akan diri kita sendiri. Padahal seharusnya kita tahu bahwa semua nikmat yang kita dapat itu berasal dari Allah. Dan tidak seharusnya manusia merendahkan sesamanya karena di mata Allah, kita semua sama. Yang membedakan adalah iman dan taqwanya.
          Di Al-Qur’an, Allah SWT sudah memperingatkan manusia tentang keangkuhan. Yaitu pada QS. Luqman ayat 18.







Yang artinya adalah :Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.

Iri dan Dengki

         Iri hati dan dengki hati adalah dua dari beberapa sifat buruk manusia yang sebenarnya memiliki pengertian yang tidak sama namun bisa disebut bersumber dari penyebab yang sama. Iri hati adalah suatu sifat yang tidak senang akan anugerah, rezeki atau kesuksesan yang didapat oleh orang lain, dan cenderung berusaha untuk menyainginya. Sedangkan dengki adalah sikap tidak senang melihat orang lain bahagia atau mendapat nikmat atau kesuksesan dan berusaha untuk menghilangkan kebahagiaan, nikmat atau kesuksesan tersebut.
          Jadi jika Iri itu hanya ingin menyaingi kebahagiaan atau rezeki orang lain, Dengki sudah sampai bertindak. Bertindak untuk menghilangkan kebahagiaan atau rezeki itu. Di Al-Qur’an, Allah SWT sudah memperingatkan manusia tentang iri dan dengki. Yaitu pada QS. An-Nisa ayat 32.








Yang artinya adalah :Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian daripada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Serakah

         Serakah dalam KBBI artinya adalah sebagai berikut. Selalu hendak memiliki lebih dari yang dimiliki; loba; tamak; rakus: meskipun sudah kaya, ia masih — juga hendak mengangkangi harta saudaranya. Yang bisa disimpulkan dengan yang selalu tidak pernah merasa cukup sampai mengambil barang yang bukan haknya, sehingga menyebabkan orang lain menderita.
          Untuk serakah ini penjelasannya berada di QS Al Humazah dan QS At Takatsur.

Kesimpulan

         Penyakit AIDS adalah penyakit berbahaya. Baik (Acquired Immune Deficiency Syndrome) atau (Angkuh, Iri, Dengki, Serakah) semuanya sama berbahayanya. Jadi sebagai seorang manusia, sudah seharusnya kita mencegah hal-hal yang akan membawa kita untuk terjangkit penyakit di atas. Semoga kita semua berada di bawah lindungan Allah SWT. Aamiin.

1 komentar:

  1. Semoga kita dilindungi dari penyakit2 ini. Krn sering tdk kita sadari

    BalasHapus