Selasa, 29 Oktober 2013

Amalan Sunnah untuk Waktu Luang

Waktu yg terpakai untuk amal sholih masih kurang dibanding waktu yg terpakai untuk hal yg kurang bermanfaat. Kebanyakan untuk masyarakat sekarang, hal itu sering sekali terjadi atau bahkan setiap hari terjadi. Waktu yang kosong atau bahkan waktu yang digunakan untuk kegiatan yang kurang bermanfaat tadi sebenarnya harus lebih dimaksimalkan. Materi kali ini adalah bagaimana memaksimalkan waktu untuk hal yang lebih bermanfaat sehingga menjadikan kita sebagai seorang muslim yang produktif.

Dzikir
Yang pertama, cara mengisi waktu luang yaitu dengan dzikir. Dzikir dapat dilakukan di sela-sela waktu kita dalam beraktifitas. Misalnya, ketika seorang mahasiswa nganggur menunggu kelas dibuka. Bisa disempatkan untuk berdzikir.

Tilawah
Yang kedua atau yang lebih bagusnya lagi adalah tilawah. Jika waktu luang yang dimiliki dirasa cukup banyak, maka sempatkan untuk membaca Al-Qur’an. Cukup dibaca beberapa ayat saja atau minimal 1 ayat. Dan akan lebih baik lagi apabila dengan membaca dan mempelajari tafsirnya. Seharusnya tilawah itu rutin setiap hari. Bukan hanya saat-saat waktu luang atau menunggu waktu kosong. Upayakan setiap hari melakukan. Daripada waktunya dilakukan untuk yang tidak bermanfaat.

Sholat subuh berjamaah
Yang ketiga adalah sholat subuh di masjid berjamaah. Sholat subuh di masjid/musholla berjamaah akan menambah kesempurnaan sholat. Selain itu akan membuat kita sehat. Membantu kita bangun pagi lalu berolahraga sedikit dengan berjalan ke masjid. Itu adalah keuntungan yang bisa kita dapat dari sholat subuh berjamaah di masjid atau musholla. Selain keuntungan tersebut, hidayah dari Allah akan mudah masuk ketika sholat subuh apalagi berjamaah di musholla/masjid.

Shodaqoh
Yang keempat Shodaqoh. Shodaqoh lakukan sebisanya setiap hari. Tidak harus uang tapi bisa ilmu, ayat, hadits, bahkan senyuman. Berpatoklah pada prinsip bahwa “tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah. Jika tangan selalu di bawah akan mengkerdilkan kita. Shodaqoh sendiri artinya adalah pembuktian. Berasal dari kata shidiq. Setiap hari shodaqoh untuk menumbuhkan karakter pemberi dan tidak selalu bergantung pada orang lain.

Sholat dhuha
Yang kelima adalah sholat dhuha. Hikmah dari sholat dhuha banyak. Salah satunya adalah, memohon pada Allah untuk selalu diberikan kenikmatan yang selalu bertambah. Upayakan untuk selalu melakukan sholat dhuha minimal seminggu 2 kali.

Menjaga wudlu
Yang keenam, menjaga wudlu. Jangan sampe lepas dari wudlu untuk meningkatkan kesadaran diri. Menjaga kesadaran kita terhadap waktu. Waspada terhadap banyak hal. Dengan begitu dapat dengan mudah memanajemen aktivitas (amal sholih). Perbanyak amal sholih, minimalkan amal tholih (amal sia-sia). Dan dengan terus menjaga wudlu kita, maka akan memudahkan kita untuk memanajemen amalan-amalan yang akan kita lakukan.

Tahajud
Sunnah yang paling puncak, sholat tahajud. Ritme hidup yang baik bisa di atur dengan sholat malam jam 3 pagi lalu sholat subuh berjamaah. Dengan bangun pagi akan membuat tubuh lebih sehat. Manfaat sholat malam yang lain adalah meningkatkan iman kita terhadap Allah SWT. Memudahkan diri untuk berserah pada Allah. Membantu untuk menemukan ketenangan. Manfaat selanjutnya adalah dinaikkan derajatnya oleh Allah SWT.
Lalu, setelah mengetahui amalan-amalannya dan kita juga sudah berniat untuk melakukannya, pertanyaan yang timbul adalah bagaimana tips untuk tetap istiqomah dalam menjalankan amalan tersebut? Caranya yaitu dengan memaksa. Jangan sampai kalah dengan hawa nafsu kita. Tetap terus memaksa diri kita untuk melakukannya sampai nantinya jadi suatu kebiasaan. Plus, doa minta diberikan kekuatan dan dijauhkan dari kemalasan. Berikut ini adalah kutipan doa agar dijauhkan dari kemalasan.


Kurang lebih itu amalan-amalan yang dapat dilakukan untuk mengisi kekosongan waktu kita. Semoga kita semua diberikan kekuatan untuk selalu istiqomah dalam menjalankan amalan-amalan baik tersebut. Terima kasih sebelumnya. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2 komentar:

  1. assalaamu 'alaikum warahmatullah wabarakatuh

    doa itu sumbernya darimana. akan lebih baik kaalau diberi sumber misalnya dari hadits riwayat siapa dan kalau bisa dicantumkan juga hadits nya , jazakallah khairan katsiran
    waasalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas masukannya, insya Allah akan diperbaiki pada artikel selanjutnya. Do'a ini diambil dari sebuah riwayat hadist shohih, dimana doa ini juga terkumpul dalam buku zikir Al Ma'tsurat, buku zikir untuk zikir pagi dan petang yang diambil dari hadist-hadist shohih.

    BalasHapus