Selasa, 18 September 2012

Apa itu Mentoring?


Bismillah.
Artikel ini lebih khusus ditujukan bagi adik-adik mahasiswa baru yang akan menjalani mentoring di ITS. Juga untuk siapa saja yang belum tau apa dan bagaimana asal mula mentoring. Bagi yang belum pernah mentoring, mungkin kita bertanya-tanya apa sebenarnya mentoring itu. Karena banyaknya pemberitaan negatif  Media Massa terhadap Islam, mungkin kita agak sedikit waspada pada Lembaga Dakwah Islam bahkan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) ITS yang sudah jelas legalitasnya. Mungkin dari pihak keluarga, terutama orang tua sudah mewanti-wanti agar tidak ikut kegiatan-kegiatan ke-Islaman kampus. Namun Alhamdulillah pihak birokrasi ITS justru mewajibkan mentoring.

Sementara kita bisa lega, dukungan birokrasi pada kegiatan dakwah Islam di ITS, menunjukkan legalitas organisasi dan kegiatan dakwah di ITS. Tapi rasa penasaran akan konsep mentoring sendiri belum tejawab. Jadi Silahkan simak artikel berikut.

Permulaan dakwah Nabi di Mekkah, adalah dengan metode sembunyi-sembunyi. Nabi dan sahabat-sahabat yang awal memeluk Islam menghidnari ancaman dari pihak kafir Quraisy. Dakwah ini bermarkas di rumah Arqam bin Abil Arqam. Di rumah yang mulia inilah Nabi mendidik dan mencetak manusia-manusia penuh karya. Dalam 23 tahun Islam telah terbentuk dalam peradaban di Mekkah dan Madinah. Metode kaderisasi dan pendidikan ini disebut Tarbiyah atau Mentoring. Metode ini tidak seperti metode sekolah kebanyakan, pada tarbiyah seorang pendidik (murobbi atau mentor) menekankan pengamalan Ilmu bukan hanya penguasaan Ilmu. Dalam tarbiyah ini pula seorang murobbi harus bisa menunjukkan keteladanan sehingga para mente bersemangat dalam menuntut Ilmu.

Apakah mentoring hanya sebatas sarana mencari ilmu? Mentoring atau tarbiyah lebih luas dari itu. Fungsi utama Mentoring sebnarnya adalah sebagai sarana memperbarui motivasi ber-Islam kita. Seperti yang kita dengar di Tombo Ati nomer 3: Wong kang Sholeh kumpulono (Berkumpulah dengan Orang Sholeh). Layaknya baterai Hape, ke-Imanan kita juga perlu dicharge ulang. Dengan berkumpul dengan teman-teman yang punya tujuan yang sama yakni meningkatkan Iman dan Taqwa akan menambah motivasi ktia dalam beramal.

Nah, mungkin sedikit tulisan belum bisa memuaskan keingintahuan teman-teman, setidaknya teman-teman punya gambaran umu tentang apa itu mentoring. Insya Allah artikel ini akan disambung dengan Mentoring dari Masa ke Masa.

0 komentar:

Posting Komentar